Mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat memang tidak mudah.
Di samping cara berpikir setiap orang berbeda-beda, masalah lain dalam
mensosialisasikan koperasi adalah karena terbatasnya pengurus koperasi. Hal ini
adalah hal utama yang harus diperhatikan. Kita membutuhkan pengurus koperasi
yang dapat meyakinkan masyarakat untuk bergabung dengan koperasi. Tidak hanya
pengurus koperasi yang handal yang dapat mensosialisasikan koperasi dengan
ide-ide kreatifnya, namun komitmen koperasi dalam mengambil atau memikat hati
masyarakat sangat dibutuhkan. Komitmen yang harus dipegang teguh oleh koperasi
adalah bagaimana cara mereka untuk mensejahterakan masyarakat? Untuk
mensejahterakan masyarakat itulah kita membutuhkan kepercayaan masyarakat untuk
ikut serta bergabung dengan koperasi. Dengan demikian, bukan tidak mudah
koperasi dapat merealisasikan tujuan koperasi untuk mensejahterakan masyarakat.
Seperti yang kita ketahui, era globalisasi kini telah merambah
masuk ke Indonesia. Dalam era globalisasi seperti ini, sebenarnya banyak cara
yang dapat dilakukan pengurus koperasi dalam mensosialisasikan koperasi kepada
masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui, dengan adanya era globalisasi ini,
perkembangan teknologi semakin hari semakin meningkat kecanggihannya. Mulai
dari di dunia maya sampai alat komunikasi yang fiturnya sangat lengkap. Hanya
dengan melalui alat komunikasi itu, kita dapat mensosialisasikan koperasi.
Banyak fitur yang dapat kita gunakan untuk mensosialisasikan koperasi. Misalnya
Blackberry. Blackberry memiliki fitur BM atau Blackberry Massenger. Dengan BM
itu kita dapat mensosialisasikan koperasi dengan mengirimkan pesan singkat kepada
pengguna Blackberry lainnya. Dengan hal ini, tentunya info-info mengenai
koperasi akan cepat tersebarluaskan kepada masyarakat
Jika dengan hal tersebut masih kurang memikat minat masyarakat
untuk bergabung dengan koperasi, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan
adalah dengan cara melakukan promosi. Hal itu dapat dilakukan dengan cara
memasang iklan di televisi, radio, brosur, pamflet, atau internet seperti yang
telah saya katakan di atas. Semakin banyak kita melakukan promosi atau iklan,
tentunya akan membuat masyarakat lebih mengenal dan mengetahui koperasi. Dengan
adanya hal itu, mungkin koperasi akan menjadi buah bibir di masyarakat. Bila
hal itu terjadi, tentunya itu akan lebih memudahkan koperasi dalam
mensosialisasikan koperasi. Bisa dikatakan hal itu akan membuat koperasi di
kenal lebih dalam oleh masyarakat. Masyarakat yang penasaran, akan mencari tahu
lebih dalam lagi mengenai koperasi. Hal itulah yang diharapkan oleh koperasi
saat ini.
Melalui media internet kita dapat memanfaatkan jejaring sosial.
Jejaring sosial seperti facebook atau twitter kini tengah digandrungi oleh
masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya akan memudahkan kita dalam
mensosialisasikan koperasi. jejaring tersebut banyak dikunjungi oleh khalayak
ramai, hal itu lah yang memudahkan kita mempromosikan dan memperkenalkan
koperasi kepada masyarakat.
Selain jejaring sosial, kita juga dapat
menggunakan e-mail(electronic mail) sebagai alat untuk
mempromosikan koperasi. tidak hanya pesan atau message dari SMS, BM, dan
Whatsapp, melalui email kita pun dapat mengirim pesan atau message dalam rangka
mensosialisasikan koperasi. Dengan menggunakan e-mail, pesan yang kita
sampaikan juga dapat dengan cepat tersebar luas ke masyarakat.
Selain mensosialisasikan koperasi itu sendiri,
langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara memperkenalkan
produk-produk koperasi.
Setelah koperasi lebih dikenal oleh masyarakat dan produk yang
dihasilkan diminati masyarakat, langkah selanjutnya yang mungkin dapat
dilakukan adalah terjun langsung ke lapangan. Apa maksudnya? Kita memberikan
sosialisasi kepada masyarakat dengan cara langsung menemui dan memberi
pengertian kepada masyarakat. Kita dapat melakukan sosialisasi dengan cara door
to door. Kita dapat menjelaskan kepada masyarakat lebih terinci lagi mengenai
koperasi dan produknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar