Jumat, 08 Juni 2012

Memilih Menjadi Karyawan atau Pengusaha


Menurut saya pilihan yang berat antara menjadi karyawan atau pengusaha? Saya lebih pesifik memilih menjadi entrepreneur alesannya karena di Indonesia sendiri sudah banyak berbagai macam usaha sendiri berbagai macam-macam bidang seperti kuliner, pakaian, sepatu, celana, fashion mode, cake dll. Sepertinya di Indonesia sendiri enterpreneurnya makin meningkat tiap tahunnya. Namun hal tersebut menjadi bukti bahwa entrepreneur adalah menyenangkan dan memberikan peluang yang sangat besar untuk meraup keuntungan bagi sih pengusaha tersebut walaupun keuntungannya tidak banyak tetapi pengusaha juga harus bersaing dalam pasar penjualan. Demikian itu pola kerja entrepreneur juga tidak di batasin waktu, aturan, maupun yang lain berbeda dengan karyawan menyelesaikan tugas harus di selesaikan tepat waktu dan harus mengikuti aturan yang berlaku di tempat kerjanya.
            Menjadi entrepreneur juga bebas memilih tempat yang kita akan jalan kan pastinya yang dapat terjangka oleh konsumen tesebut, pola kerja yang akan kita terapkan juga bebas tidak seperti menjadi karyawan kita harus mengerjakan tugas sesuai pola kerja yang telah di tetapkan. Selain itu juga bebas dalam memilih peluang usaha yang kita mempunyai bakat/ basic  dalam usaha tersebut, kita juga bebas mengatur peluang kita untuk membeli barang barang yang akan di pakai untuk menjalankan usaha tersebut dan keuntungan yang akan kita dapat berapa persen dalam pengeluaran kita, hal yang terpenting juga kita dapat melakukan mana yang terbaik untuk usaha kita.
            Bukan hanya itu saja, berbagai peluang usaha yang di bangun, sevara tidak langsung bisa membantu pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran yang semakin hari kian meningkat di Indonesia. Dan yang lebih penting lagi, kerja keras seorang entrepreneur juga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar di bandingkan gaji seorang karyawan atau pegawai oleh karena itu ada alasannya seperti kepuasan batin dalam membuat produk yang nanti akan di jual, kepuasaan atas penciptaan budaya kerja dilihat dari sisi kemampanan yang financial dan fleksibelitas.
            Tetapi di balik banyaknya keuntungan yang di peroleh menjadi seorang entrepreneur juga memiliki resiko yang besar atau tidak sedikit. Misalnya saja resiko penghasilan yang tidak tetap, ada kalanya Anda untung besar namun ada kalanya Anda harus rugi karena omset usaha menurun. Di samping itu, menjadi pengusaha yang sukses juga tidak mudah, karena tidak ada jaminan pasti bahwa semua orang yang memulai usaha bisa sukses. Butuh modal dan strategi bisnis yang baik untuk memenangkan persaingan pasar yang ada sekarang, karena dalam dunia bisnis persaingannya sudah sangat ketat. Saya yakin memlikih entrepreneur ketimbang menjadi karyawan karena saya akan menjadi pengusaha muda yang sukses. 
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar