Jumat, 08 November 2013

Resensi Film Captain Phillips





Tanggal Rilis:
17 Oktober 2013 (Indonesia)
Genre:
Action, Thriller
Durasi:
134 menit
Sutradara:
Paul Greengrass
Pemain:
Tom Hanks, Barkhad Abdi
Studio:
Michael De Luca Productions, Scott Rudin Productions, Trigger Street Productions
Harga Tiket: Rp.35.000

Sinopsis
Berbagai kisah mengenai perompak laut mungkin terdengar seperti cerita dongeng untuk beberapa kalangan. Namun pada kenyataannya, walau mungkin tidak sering terdengar lagi, pembajakan kapal yang dilakukan perompal laut masih ada dan menjadi ancaman tersendiri bagi para kapal laut hingga saat ini. Salah satu pembajakan kapal laut yang sering terdengar di awal abad ke 21 adalah pembajakan kapal di Somalia.
Sejak tahun 2005 silam, permasalahan pembajakan kapal di pesisir Somalia telah menjadi ancaman bagi para organisasi internasional karena meningkatnya aksi pembajakan kapal yang dilakukan oleh para perompak di pesisir Somalia tersebut. Insiden pembajakan kapal Maersk Alabama merupakan salah satu insiden yang sempat menjadi sorotan di dalam berbagai kasus pembajakan kapal di Somalia. Diambil berdasarkan kisah nyata, kisah pembajakan kapal kargo ini pun diangkat menjadi film layar lebar yang dibintangi oleh Tom Hanks dengan Paul Greengrass sebagai sutradaranya.
 
 Perjuangan Menyelamatkan Kapal dari Ancaman Perompak
Kisah dari perjuangan Kapten Richard Phillips, Kapten dari kapal Maersk Alabama yang mengangkut kargo sebesar 17.000 ton dengan 20 orang awak, diawali dengan sedikit kilas balik sebelum sang Kapten dan kapalnya berangkat menuju Mombasa, Kenya. Kapten Phillips cukup mengerti bahwa mereka akan melewati area pesisir yang berbahaya karena adanya aktivitas perompak laut. Di hari berikutnya, mereka menyadari ada dua kapal kecil yang tengah mengikuti mereka dari belakang. Kapten Phillips yang menduga bahwa kedua kapal tersebut adalah kapal perompak, berusaha keras untuk menghindari keduanya untuk mencapai kapal Maersk Alabama tersebut sambil meminta bantuan dari pihak Angkatan Laut.
 Sayangnya, usaha mereka untuk menjauhkan diri dari kapal perompak tersebut tidak berhasil. Empat orang perompak bersenjata api berhasil naik ke atas kapal dan membajaknya. Kapten Phillips beserta beberapa orang kru yang berada bersamanya ditawan, sementara kru lainnya diperintahkan oleh sang Kapten untuk bersembunyi di tempat yang aman dari jangkauan para perompak tersebut.  Namun Kapten Phillips dan para awaknya tidak tinggal diam saja membiarkan perompak tersebut melakukan apapun yang mereka inginkan di dalam kapal mereka.
Berhasilkah Kapten Phillips dan para awak kapal Maersk Alabama menyelamatkan diri dari ancaman para pembajak tersebut?

Sebuah Kisah Nyata yang Mencekam

Alur kisahnya akan terasa datar dan lambat di awal, dengan tingkat ketegangan yang semakin lama akan semakin tinggi seiring jalannya cerita. Film yang ditulis oleh Billy Ray ini mampu membuat penonton turut merasakan kengerian serta ketegangan dari bahaya yang harus mereka alami. Tak hanya sekedar memberikan unsur thriller, “Captain Phillips” juga mengandung unsur drama yang kuat dengan perkembangan karakter yang semakin kaya seiring dengan berjalannya film.
Kepiawaian Tom Hanks dalam memainkan peran pun sudah tidak diragukan lagi. Karakter Kapten Richard Phillips yang dimainkan olehnya mampu memperlihatkan emosi serta kepribadian seorang kapten kapal yang bertanggung jawab atas keselamatan awaknya, mulai dari mencoba untuk bernegosiasi dengan para perompak hingga melawan balik. Tidak hanya itu, para tokoh lain yang terlibat dalam film ini juga turut memberikan impresi yang menggugah hati dan menunjukkan selayaknya tingkah laku manusia ketika berada di dalam tekanan serta ancaman bahaya. Walau sayangnya, karena film ini terfokus untuk memperlihatkan perkembangan karakter dari Kapten Phillips dan keempat perompak, karakter lain tidak ditampilkan maupun dikembangkan secara mendalam.
Tidak banyak film yang didasarkan dari kisah nyata yang mampu memberikan sebuah penggambaran kejadian secara nyata. Film “Captain Phillips” bisa dikatakan sebagai salah satu film yang berhasil mereka ulang insiden pembajakan kapal dengan cukup baik dan mampu menyelami emosi para penontonnya. Pengalaman mencekam dari teror di laut, bumbu drama yang cukup emosional, serta kemampuan akting dari para tokoh utamanya membuat “Captain Phillips” ini layak menjadi salah satu tontonan wajib untuk tahun 2013 ini.












Ini lah bukti dimana saya benar menonton film Captain Phillips yang begitu menegangkan dan juga sangat memancing emosional, dan mempunyai ending yang sangat menyetuh hati atau bias dibilang juga mengharukan.

Kelebihan Film
Menurut sayang film ini mempunyai kelebihan yaitu dengan pengambilan gambar yang bagus dan juga jalan serta alur ceritanya nyambung dari awal hingga akhir film tersebut selesai.

Kekurangan Film
Tidak ada kekurang dalan film captain phillips tersebut.

Penilaian Pribadi
Menurut saya captain phillips itu adalah super hero dari film tersebut karna dia dapat mengalahkan para perompak somalia dan juga merelakan dirinya dibawa oleh perompak tersebut dengan tujuan agar awak kapal yang dikomadoi oleh captain phillips tersebut tidak ikut disandra dan tidak ada yang cidera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar